Kamis, 19 November 2015

Sekilastentang Paud (kb) Tuhfatul Athfal Bukit Mindawa- Dharmasraya

Assalamualaikum warahmatullaahi wabarokaatu,


Ayah bunda yang budiman, ....

Buah hati yang amat kita sayangi adalah anugerah dari Allah SWT, tentu tidak mungkin akan kita biarkan masa emasnya (usia dini) tanpa kita pikirkan cara dan tujuan yang tepat, serta kesempatan untuk bermain dan belajar yang sesuai dengan usianya. PAUD/KB TUHFATUL ATHFAL Jorong Bukit Mindawa Nagari Sikabau kecamatan Pulau Punjung-Dharmasraya hadir sebagai sekolah yang menjadikan orang tua khususnya disekitar wilayah Jorong Bukit Mindawa dan jorong Padang Sari sebagai mitra untuk mewujudkan potensi kecerdasan sang buah hati di usia emasnya dengan mengedepankan penanaman nilai nilai Islami agar terbentuk pribadi yang berakhlakul karimah, cerdas, kreatif, mandiri, berprestasi dan berjiwa wirausaha/pemimpin.

Lembaga Paud(KB) Tuhfatul Athfal didirikan dari spirit bersama Kami Para pendidik dan penyelenggara serta elemen masyarakat dan tokoh tokoh gerakan PKK serat Partisipasi Kepala Jorong Bukit Mindawa serta Wali Nagari Sikabau dan tebing Tinggi besrta dinas terkait. untuk ingin memaju tumbuh kembangkan pendidikan anak sedini mungkin. Karena anak diibaratkan seperti kertas putih,tergantung bagaimana orang tuanya yang memberi warna, jika biru akan menjadi biru, jika hitam maka menjadi hitamlah. Kemudian banyak orang tua yang masih menyepelekan pendidikan anak usia dini dengan berbagai sebab, diantaranya kurang mengertinya orang tua terhadap pentingnya pendidikan diusia  (usia emas) 0 – 6 tahun. Faktor kesibukan orang tua juga menjadi salah satu penyebabnya. Perlu diketahui bahwa Kecerdasan anak terbentuk 80 % diusia 0 – 6 tahun. Dengan niat  "Lillahi ta’ala didirikanlah Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini.

 adalah sebuah Lembaga atau Sekolah : Playgruop/kelompok bermain (KB)  Sekolah yang mengajarkan anak untuk mau mencoba dengan tanpa rasa takut. Sekolah yang membiarkan anak tumbuh sebagai pribadi bukan sebagai siswa. Sekolah yang memperlakukan siswa sebagai anaknya, dan keluarga siswa adalah keluarganya. Dengan menggunakan metode pembelajaran yang berpusat pada anak (sistem Sentra), dan APE (Alat Peraga Edukasi) yang memadai, dimana anak secara aktif dan bertanggung jawab di sentra pembelajaran guna mengembangkan dirinya seoptimal mungkin sesuai dengan potensi, minat dan kebutuhan. Kurikulum yang digunakan merupakan perpaduan antara pendidikan umum dan dasar dasar ke Islaman dengan tetap mengacu pada kurikulum DIKNAS (Pendidikan Karakter).


SIKECIL HANYA SEKALI PUNYA KESEMPATAN EMAS

Perkembangan dan pertumbuhan anak memainkan peranan penting (vital) bagi arah hidup seorang anak ke depannya. Guna menghasilkan generasi yang bertkualitas, diperlukan keberadaan anak-anak yang mampu tumbuh dan berkembang secara optimal.

Kesiapan anak-anak ini menjadi generasi penerus bangsa yang cerdas, tangguh, dan andal sangat tergantung pada sejauh mana mereka telah dipersiapkan dengan baik sejak sekarang. Perlu di ingat bahwa setiap anak hanya memiliki masa emas pertumbuhan otak hingga usia 6 tahun.

Kecerdasan si kecil tidak bisa di dapat secara instan, melainkan harus dipersiapkan dan distimulasi sejak dini. Kecerdasan ditentukan oleh perkembangan otak pada usia dini, yang terus tumbuh tanpa bisa dihentikan sedetikpun dan tidak ada kesempatan untuk mundur kembali. Penentunya adalah kemampuan orang tua mengenali perbedaan di setiap tahapan usia untuk membawa si kecil berhasil melalui periode emas perkembangan otaknya. Secara umum, cerdas mencangkup beberapa aspek, seperti kemampuan untuk menalar, membuat perencanaan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan proses belajar.

Dengan keterbatasan fasilitas ataupun sarana yang ada, kami di lembaga paud tuhfatul athfal selalu terus berusaha dengan segala upaya untuk  memenuhi kebutuhan perkembangan dan pendidikan anak di usia emasnya, sebagai orang tua yang bijak tentu akan mencari tempat bermain dan pendidikan yang sesuai dan memenuhi setandar kebutuhan kembang anak. Di taman pendidikan anak usia dini  PAUD TUHFATUL ATHFAL insya AllAh semua kebutuhan akan akan kami usahan semaksimal mungkin. demi tercapainya generasi mendatang yang mampu membangun daerahnya pada khususnya dan bangsa Indonesia pada umumnya.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar