Senin, 12 September 2016

manajemen PAUD (KB) TUHFATUL ATHFAL

MANAJEMEN PENDIDIKAN ANAK USIA DINI
(KB) TUHFATUL ATHFAL

                 Seperti halnya dengan suatu orgaisasi bahwa untuk menjalankan suatu organisasi perlunya suatu manajemen organisasi, begitu pula pendidikan anak usia dini  PAUD (KB) TUHFATUL ATHFAL juga memerlukan manajemen untuk mengatur supaya lembaga dapat berjalan dengan baik.

         Manajemen PAUD (KB) TUHFATUL ATHFAL dilaksanakan sesuai dengan fungsi manajemen yaitu :

1.Perencanaan

2.Pengorganisasian

3.Kepemimpian atau actuating

4.Pengendalian/ Evaluasi

Dan Penjabaranya adalah:

            Perencanaan: meliputi merencanakan bagaimana struktur, apa apa yang akan dilakukan dalam mengelola PAUD dengan dilandasi dasar – dasar pembuatan/pendidrian PAUD pada umumnya serta stadndarisasi PAUD yang telah ditetapkan oleh pemerintah secara umum.

Perencanaan paud seperti:

a.    Merencanakan pendirian serta pola-pola kerja sama yang dengan pihak-pihak yang terkait    
       dengan pelaksanaan sekolah PAUD (KB) TUHFATUL ATHFAL

b.   Menyiapkan surat izin kelembagaan beserta persyaratannya. dan terus meng (update) izin 
      operasional sesuai ketentuan dan peraturan yang berlaku.

c.   Mengadakan perekrutan guru untuk PAUD sesuai dengan standarisasi guru pendidik 4                
      kompetensi:    akademik, professional, personal, dan sosiointerpersonal (social). namun untuk hal       ini PAUD (KB)   TUHFATUL ATHFAL melekukan standarisasi guru secara bertahap  diseleksi         disesuaikan dengan SDM di wilayah Jorong Bukit Mindawa secara umum. 
   
Standar-standar seleksi tersebut misalnya:
                        - Umur - Keterampilan Komunikasi
                        - Kesehatan fisik - Motivasi
                        - Pendidikan - Minat
                        - Pengalaman - Sikap dan nialai-nilai
                        - Tujuan-tujuan - Kesehatan mental
                        - Penampilan - Kepantasan bekerja di Dunia Pendidikan
                        - Pengetahuan Umum - Faktor lain yang ditetapkan penguasa

d  .Mengadakan perekrutan anak usia dini yang akan mengikuti PAUD.

e.  Mengenalkan anak pada lingkungan dimana mereka akan belajar.

f.  Merencanakan bagaimana atau kurikulum yang akan digunakan dalam PAUD.

g.  Merencanakan strategi dalam pembelajaran secara umum.

h.  Merencanakan evaluasi belajar.

i.  Merencanakan pengadaan tindak lanjut dari hasil evaluasi.

              Setelah diadakan perencanaan yaitu langkah selanjutnya pengorganisasian, pengorganisasian adalah pengelompokan sesuai dengan bidangnya atau sesuai dengan yang dibutuhkan dalam kelancaran proses belajar mengajar di  PAUD (KB) Tuhfatul Athfal.
            Pengorganisasian meliputi: 
     Mengelompokkan guru yang akan mengajar siswa dengan usia misalkan 3-4th, 5-6th, mengelompokkan siswa dengan anak laki-laki sendiri, anak perempuan sendiri duduknya lebih baik dipisah atau bagaimana, pengelompokan piket anak suapa anak dapat mengenal istilah bersih itu sehat.
         Langkah atau fungsi manajemen selanjutnya adalah pengolahan, kepemimpian, actuating. Yaitu dalam langkah inilah terlaksananya/berlangsungnya proses belajar mengajar PAUD dengan sesuai prosedur yang telah dibangun bersama dengan tetap memperhatikan tujuan utama dalam PAUD.

     Langkah yang terakir adalah pengendalian/controlling/evakluasi, dengan semua keinginan, rencana telah terlaksana maka tetap harus diadakan pengendalian/evaluasi dimana untuk mengetahui tingkat keberhasilan serta untuk tidakan selanjutnya apabila ada suatu masalah dalam proses atau sebagainya. untuk hal ini, perlu adanya kerjasama dengan wali murid.

Demikian usaha-usaha yang terus dilakukan oleh lembaga PAUD (KB) TUHFATUL ATHFAL dalam  upaya meningkatkan mutu serta mewujudkan visi dan misi dari pendirian lembaga.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar